Awas Tulang Juga Bisa Keropos!

Do u know?

Tulang dalam tubuh kita akan mulai mengalami pengeroposan pada umur 30-35 tahun. Pada wanita pengeroposan akan semakin cepat setelah mengalami menopouse.

Lalu bagaimana mencegah osteoporosis?

Ya, osteoporosis bisa dicegah, caranya adalah dengan berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan cukup kalsium.

Mengapa olahraga penting ?

Selain meningkatkan kelenturan tulang, hal ini juga berkaitan dengan aktivitas osteoklas dalam merombak tulang, dengan rajin berolahraga maka perombakan tulang oleh osteoklas akan berjalan lebih lambat.

Perombakan tulang?

 

Ya, dalam hal ini osteoklas,  sel yang berperan merombak jaringan tulang yang rusak ataupun mati. Dalam perombakkannya sel-sel yang baru terbentuk tidak sekuat struktur awal, sehingga lebih mudah mengalami pengeroposan tulang

Tulang kita disusun oleh dua jenis sel tulang (osteosit), yaitu :

a. Osteoklas : berfungsi dalam perombakan tulang

b. Osteosit : berfungsi sebagai pembangun jaringan yang baru

Seperti bagian tubuh lainnya, tulang selalu dalam keadaan berubah-ubah, membuang jaringan lama dan menggantinya dengan yang baru. Proses perombakan tulang ini penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Nah, tulang ternyata juga mengalami siklus loh..

Tahapannya meliputi :

1. Aktivasi; sel-sel osteoklas berada pada bagian permukaan tulang. Proses ini terjadi secara alamiah, misalnya jika mengalami cidera atau beristirahat dalam waktu lama

2. Resorpsi; proses hancurnya sel-sel tulang dan terbentuknya lubang-lubang kecil oleh osteoklas. Ini terjadi selama 4-12 hari

3. Pembalikkan; proses pengisian lubang-lubang kecil yang dibuat osteoklas dengan semen sementara. Hal ini berjalan selama 7-10 hari

4. Perangkaian; ketika proses pembalikan dan resorpsi sudah selesai, osteoblas datang dan mengambil alih proses pembentukkan tulang

5. Mineralisasi; tahap akhir, terjadi pengendapan kalsium dan mineral lainnnya di dalam jaringan tulang yang baru.

Wah, subhanaallah sekali ya ciptaan Allah ini, saling melengkapi. Bahkan seringkali kita tidak sadar bahwa dalam tubuh kita ternyata ada banyak sel-sel yang telah diprogram sedemikian rupa sehingga tercipta begitu sempurna😀.

Do u know?

Ternyata tulang akan berhenti memanjang pada usia 18 tahun, namun akan terus mencapai masa kepadatan optimal pada usia 20 tahunan. Nah, massa kepadatan tulang inilah yang penting bagi masa depan. Karena setelah usia 30 tahun, tulang akan mulai mengalami pengeroposan. Ibarat tabungannya kurang cukup, maka akan mudah terjadi osteoporosis.

Lalu makanan apa yang bagus sebagai asupan tulang?

Yaitu makanan yang cukup protein, lemak, karbohidrat dan mineral. Mineral yang penting adalah kalsium dan juga diperlukan vitamin D.

Tubuh memerlukan kalsium dari makanan sehari-hari, lalu berapakah kebutuhan kalsium dalam tubuh kita? Berdasarkan Recommended Daily Allowance (RDA) USA, kebutuhan kalsium rata-rata perhari sbb :

  • Anak-anak 800 mg
  • Remaja 1200 mg
  • Dewasa 1000 mg
  • Ibu Hamil & menyusui 1200 mg
  • Usia lanjut & menopause 1200 mg

Rata-rata tubuh dewasa memerlukan asupan kalsium sebesar 800 – 1000 mgtiap hari, sedangkan bila kita mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna jumlah kalsium yang diberikan hanya berkisar antara 250 – 320 mg. Artinya tubuh masih kekurangan kalsium sebesar 680 – 750 mg setiap hari. Bayangkan bila itu terjadi pada kita selama terus-menerus, selama bertahun-tahun. Tubuh memiliki mekanisme otomatis untuk memperbaiki kekurangan kalsium dengan jalan menigkatkan produksi hormon paratiroid. Pada gilirannya, hormon ini akan meningkatkan jumlah kalsium yang diserap melalui usus dan mengurangi pengeluaran oleh ginjal.

Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al An’aam, 6: 101) “Sebenarnya Tuhan kamu ialah Tuhan langit dan bumi yang telah menciptakannya; dan aku termasuk orang-orang yang dapat memberikan bukti atas yang demikian itu.” (QS. Al Anbiyaa’, 21: 56)

Sumber : Gomez.Joan. 2006. Awas Pengeroposan Tulang. Jakarta: Arcan

Berbagai sumber internet dan materi kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s