Hari Kebangkitan Nasional

Hi, postingan pertama.. bertepatan dgn hari kebangkitan nasional

Selamat hari kebangkitan nasional..

Indonesia,, Harus bisa bangkit dan lebih baik lagi..

Sedikit mengenang sejarah hari kebangkitan Nasional, berawal dari perjuangan pemuda Indonesia dalam mendirikan sebuah organisasi yang bernama Budi Oetomo (pada tanggal 20 Mei 1908). Wah, ternyata pergerakan kebangkitan Indonesia dimulai dari ‘pemuda’ dan juga ‘organisasi’..

Budi Utomo lahir dari inspirasi yang dikemukakan oleh Wahidin Soedirohoesodo disaat beliau sedang berkeliling ke setiap sekolah untuk menyebarkan beasiswa, salah satunya STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Mereka memikirkan nasib bangsa yang sangat buruk dan selalu dianggap bodoh dan tidak bermartabat oleh bangsa lain (Belanda), serta bagaimana cara memperbaiki keadaan yang amat buruk dan tidak adil itu. Para pejabat pangreh praja (sekarang pamong praja) kebanyakan hanya memikirkan kepentingan sendiri dan jabatan. Dalam praktik mereka pun tampak menindas rakyat dan bangsa sendiri, misalnya dengan menarik pajak sebanyak-banyaknya untuk menyenangkan hati atasan dan para penguasa Belanda.

 

Para pemuda mahasiswa itu juga menyadari bahwa mereka membutuhkan sebuah organisasi untuk mewadahi mereka, bahwa merekalah yang harus mengambil prakarsa menolong rakyatnya sendiri dan mencapai kemerdekaan.

Mengkritisi momen kebangkitan Nasional kali ini, memang Indonesia sudah dikatakan merdeka, tapi belum dapat dikatakan sebagai negara yang mandiri.  Sebenarnya jika ditelaah, Indonesia memiliki banyak potensi2 untuk maju dan berkembang..

Oleh karenanya, Pemuda Indonesia, saatnya menyatukan tekad kembali..

Membela tanah air tercinta ..🙂 menyumbangkan kontribusinya untuk membangun bangsa ini. Jadi ingat sebuah pepatah dari sahabat “bahwa tiap-tiap pribadi ibarat batu bata untuk membangun sebuah peradaban. . jadilah batu bata yang kokoh, pribadi rabani, insyaallah negri ini akan terbangun dan tegar). Hal kecil yang mungkin bisa dilakukan adalah membangkitkan diri sendiri terlebih dahulu. Misalnya bertekad agar kita menjadi pribadi yang lebih baik, hari demi hari.. ^^

Selamat Hari kebangkitan Bangsa (Indonesia Bisa!)😀

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Budi_Utomo

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s